10 Tips SEO 2020

SEO merupakan salah satu strategi digital marketing yang sering digunakan oleh para pengusaha online untuk mengoptimasi situs bisnis mereka agar ranking dihalaman mesin pencari Google dengan kata kunci tertentu.

Agar ranking website milikmu bisa meningkat, kamu perlu mempelajari tips seo website berikut ini agar kamu mampu bersaing dan memasarkan produkmu dengan baik di mesin pencari.

Tips dan Trik SEO Untuk Pemula

Dibawah ini beberapa tips untuk optimasi SEO website yang bisa kamu gunakan agar nilai SEO disitusmu meningkat. Jika kalian mengikuti tips ini dengan benar, pasti optimasi websitemu akan berjalan dengan baik.

1. Gunakan Permalinks SEO Friendly

Agar nilai SEO Website kalian optimal, pastikan permalinks yang anda gunakan sudah SEO Friendly.

Masuk ke pengaturan WordPress pada bagian Permalinks dan pilih “Post Name” lalu save perubahan.

2. Riset Kata Kunci

Hal dasar ini pasti semua orang sudah mengetahuinya. Untuk mengoptimalkan Kinerja konten kita, sebelum membuatnya kita harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Tanamkan kata kunci yang berpotensi memberikan trafik dan ranking ke dalam artikel situs anda. perhatikan juga jumlah kata kunci yang ada didalam artikel, Jangan sampai kalian mengulang terlalu banyak keyword sama dalam satu artikel untuk menghindari keyword stuffing.

3. Gunakan Judul dan Meta Deskripsi Yang Menarik

Selain perlu melakukan riset konten, anda juga harus mengatur judul dan meta deskripsi semenarik mungkin agar pengguna mesin pencari mengklik website anda dibandingkan kompetitor.

Anda juga bisa menaruh kata kunci di dalam judul dan meta deskripsi artikel anda untuk meningkatkan nilai SEO artikel yang anda buat. Gunakan Plugin Yoast SEO guna membantu anda dalam mengedit SEO Title dan Meta deskripsi.

4. Buatlah Konten Yang Berkualitas

Kita semua tahu jika Konten merupakan raja dari sebuah website. Untuk itu, buatlah konten terbaik secara natural agar mudah ranking di mesin pencari.

Anda bisa membuat konten yang panjang untuk meningkatkan average time on page sebuah user di website anda. Hal ini akan mengurangi nilai Bounce Rate situs anda di Google Analytics.

5. Gunakan SSL

Saat ini Google lebih menyukai sebuah situs yang sudah menggunakan SSL atau HTTPS dibandingkan yang belum menggunakannya. Oleh karena itu, agar websitemu dilirik oleh Google, kamu bisa memasang SSL.

Selain itu kepercayaan pengguna juga akan meningkat ketika mengakses situsmu.

6. Melakukan Audit SEO Secara Berkala

Tips SEO untuk Blogger berikutnya adalah Melakukan audit SEO di website secara berkala agar mengetahui alasan mengapa artikel atau website susah ranking di Google.

Setiap saat Google melakukan pembaruan pada Algoritmanya, oleh karena itu penting sekali untuk melakukan audit SEO secara rutin agar terhindar dari Penaltinya.

7. Tingkatkan Page Speed Website

Kecepatan sebuah situs menjadi kunci utama untuk memuaskan pengguna. Untuk itu, anda perlu meningkatkan kecepatan akses website agar pengalaman pengguna anda meningkat.

Situs yang lambat akan membuat pengguna merasa bosan dan menutup website tersebut. Hal ini akan membuat nilai situsmu menjadi buruk di mata Google karena Nilai Bounce Rate kalian akan tinggi.

8. Hindari Duplikat Konten

Duplikat konten merupakan masalah yang sering dialami oleh Blogger pemula. Mereka sering membuat konten yang sama dalam satu website. Hal ini justru bisa memperburuk citra website itu sendiri dimata Google.

Google akan menganggap situs ini tidak berkualitas karena melakukan pelanggaran dengan membuat duplikat konten. Konten yang sama juga bisa menimbulkan efek buruk dimana kata kunci masing-masing konten itu akan saling memakan satu sama lain atau kanibal.

Konten satu dan konten dua saling berlomba-lomba agar bisa ranking dihalaman mesin pencari Google dengan keyword yang sama. Tidak hanya itu, Duplikat konten juga bisa terjadi pada dua website yang berbeda namun memiliki konten yang sama.

Hal seperti ini biasanya sering dilakukan Blogger pada jaman dulu, mereka sering melakukan Copy Paste sebuah artikel dan mempostingnya di Blog mereka sendiri.

9. Backlink Berkualitas

Backlink saat ini masih memegang peranan penting dalam optimasi SEO sebuah website. Semakin banyak website yang memberikan referensi ke situs anda, semakin baik pula nilai website anda dimata Google. Namun, pastikan kembali backlink tersebut berkualitas.

Oleh karena itu, anda harus bisa mendapatkan satu backlink berkualitas dibandingkan memiliki 10 backlink tidak berkualitas. Jumlah bukanlah segalanya dalam backlink.

Buatlah konten yang bagus dan bermanfaat agar website anda mendapatkan backlink berkualitas dan natural.

10. Plugin Social Sharing

Jika anda memiliki website informasi, anda bisa menggunakan Plugin Social Sharing dalam situs anda.

Jadi, jika ada pengunjung yang menyukai artikel anda. Mereka bisa membagikan hal itu ke temannya di sosial media seperti Facebook atau Instagram. Hal ini akan membawa keuntungan tersendiri bagi anda, karena anda bisa mendapatkan trafik dari sosial media juga berkat sharing artikel ini.

Akhir Kata

Diatas merupakan tips SEO Blog terbaik saat ini yang bisa anda terapkan untuk mengoptimasi laman Website anda agar mampu ranking di Google.