Rekomendasi Tools SEO Terbaik yang Wajib Digunakan Saat Optimisasi

Bagi anda praktisi SEO yang ingin melakukan optimasi pada sebuah website, pasti sudah tidak asing lagi dengan SEO Tools seperti Google Search Console, Ahrefs dan yang lainnya.

Alat SEO biasanya kita gunakan untuk mempermudah proses optimasi pada website sehingga hasilnya lebih optimal. Alat ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk proses optimasi SEO pada sebuah website loh.

Tools pendukung SEO biasanya ditawarkan secara premium atau freemium. Namun ada juga yang gratis seperti Google Search Console. Nah, modul kali ini akan membagikan informasi mengenai daftar tools untuk optimasi SEO yang wajib digunakan ketika kita mengoptimasi website.

8 Tools SEO Yang Wajib Digunakan Dalam Proses Optimasi SEO

1. Google Search Console

Google Search Console atau GSC merupakan alat bantu SEO dari Google yang biasa digunakan untuk melihat dan mengawasi sebuah website.

Disini kita bisa melihat perkembangan website kita di mesin pencari secara langsung. Bagaimana performa kata kunci kita di SERP dan lain sebagainya.

Google selalu memperbarui fitur yang dimiliki Google Search Console untuk memberikan user experience yang baik. Oleh karena itu, jika anda merupakan salah satu webmaster maka anda wajib menggunakan alat ini.

Dengan alat ini kamu juga bisa mengetahui apa ada malware pada situsmu, apakah ada pelanggaran aturan Google yang mengenai situsmu, mengirim sitemap, melakukan fetch url dan lainnya.

2. Google Analytics

Google Analytics menjadi salah satu alat pendukung SEO yang perlu kamu gunakan untuk mengetahui perkembangan dan apa yang sedang terjadi pada websitemu secara real time.

Tools SEO Gratis ini sangat berguna untuk mengetahui data visitor website anda seperti jumlah new visitor, page views dan lain sebagainya. Berdasarkan data inilah anda bisa membuat strategi SEO terbaik dan mengoptimasinya.

3. Ahrefs

Kita semua pasti sudah tahu dengan Ahrefs. Alat penunjang aktivitas praktisi SEO ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan segudang manfaat untuk mengoptimasi situs.

Tak heran, banyak pakar SEO menggunakan alat ini ketika melakukan optimasi. Sayangnya ahrefs tidak menyediakan versi gratis, anda perlu membayar sejumlah uang sesuai dengan paket yang dipilih.

Namun, fitur yang ditawarkan aplikasi ini sangat lengkap. Jadi saya rasa, anda tidak akan menyesal dan rugi membeli Paket premium dari Ahrefs.

Dengan ahrefs anda bisa melakukan:

  • Melihat data website anda seperti jumlah backlinks, jumlah kata kunci organik, jumlah pengunjung bulanan.
  • Mengetahui Domain Rating dan URL Rating website anda
  • Melihat backlinks kompetitor dan website anda
  • Mengetahui backlinks tersebut nofollow atau dofollow
  • Mengetahui anchor text dari backlinks yang didapatkan
  • Riset kata kunci
  • Dan masih banyak lagi

4. Ubersuggest

Tool SEO berikutnya adalah Uberssuggest. Alat ini diciptakan oleh Neil Patel salah satu digital marketer terbaik di Dunia. Jika dulu, Ubersuggest bisa digunakan sesuka hati karena gratis. Kini, anda perlu mengeluarkan biaya sedikit untuk menikmati fitur premiumnya.

Tapi tenang saja, anda masih bisa menggunakan alat ini secara gratis dengan fitur yang terbatas. Ubersuggest memiliki fitur yang hampir mirip dengan Ahrefs. Namun, alat ini tidak selengkap ahrefs.

Di Ubersuggest anda bisa melakukan riset kompetitor, riset kata kunci, melihat performa website anda dan yang lain sebagainya.

5. Moz

Moz merupakan salah satu tools yang berguna untuk membantu optimasi SEO. Alat ini tersedia versi gratis dan berbayarnya.  Untuk versi gratisnya, kamu bisa menggunakan beberapa alat namun dengan batasan tertentu.

Jika pada Ahrefs metriks yang digunakan adalah DR dan UR, maka pada Moz adalah DA dan PA. Dengan menggunakan alat ini kamu bisa mengecek jumlah Domain Authority dan Page Authority yang dimiliki sebuah website.

Alat ini juga memiliki fitur untuk riset kata kunci lengkap dengan rekomendasi long tail keywordnya loh. Oh iya, kamu juga bisa melihat spam skor pada sebuah website melalui Moz. Spam skor ini bisa dijadikan acuan pribadi sebagai bentuk kualitas sebuah website, semakin tinggi spam skor maka semakin buruk sebuah website dan kemungkinan besar bisa terkena penalti dari Google.

6. Majestic

Majestic merupakan salah satu SEO Tools yang sering digunakan pakar SEO untuk mengoptimasi situs mereka.

Alat ini memiliki fitur yang hampir sama dengan Moz dan Ahrefs. Bedanya majestic menggunakan algoritmanya sendiri yaitu TF dan CF. untuk majestic, anda perlu berlangganan agar bisa menggunakan semua fiturnya dengan leluasa.

7. PageSpeed Insight

PageSpeed Insight merupakan tools yang diciptakan oleh Google untuk mengetahui kecepatan pada sebuah website dan tips mempercepat website itu sendiri berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pengguna.

Dengan mengetahui kecepatan website ini lah kita mampu memperbaiki kualitas SEO On Page website kita. Google saat ini menyukai situs yang memiliki kecepatan tinggi karena ramah pengguna dibandingkan situs yang  lemot.

Oleh karena itu, manfaatkan alat ini sebaik mungkin dan lakukan saran yang diberikan Goole Untuk mempercepat loading situs anda.

8. SEOQuake

SEOQuake menjadi salah satu alat pembantu SEO yang gratis dan hadir dengan bentuk extension website. Anda bisa menggunakan alat ini untuk menganalisa On Page dari sebuah situs.

Fitur yang dimiliki extension SEO ini juga sangat lengkap dan gratis. Jadi anda tidak perlu membayar uang sepeserpun untuk menikmati fitur yang ada. Dengan SEOQuake anda bisa melihat keyword density pada sebuah artikel, Alexa Rank, Backlinks dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Diatas merupakan informasi lengkap mengenai daftar alat optimasi SEO yang berguna dan membantumu dalam mengoptimasi sebuah situs secara optimal dan benar.

Pastikan kamu menggunakan alat ini secara efektif agar hasilnya juga bagus. Jika anda masih belum terbiasa menggunakan salah satu tools diatas, tidak masalah. Anda mungkin masih perlu mempelajari tools tersebut.

Jika modul ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke temanmu ya.