SEO Off Page: Membangun Popularitas Website Dengan Benar

Selain On Page SEO, ternyata masih ada cara optimasi SEO yang lain yaitu Off Page SEO. Anda perlu mempelajari hal ini agar hasil pengoptimalan website berjalan secara maksimal.

Apa Itu SEO Off Page

apa itu seo off page

SEO Off Page adalah cara optimasi SEO yang dilakukan diluar website yang berguna agar ranking situs meningkat di halaman hasil mesin pencarian.

Perbedaan On Page dan Off Page terletak di teknik optimasinya. Jika On page memperhatikan faktor dalam website maka Off page lebih memperhatikan faktor diluar website seperti branding atau backlinks.

Agar nilai SEO sebuah situs bisa optimal. Kita perlu mengoptimasinya dengan metode Off Page juga.

Manfaat Off Page SEO

Off page SEO akan memberi tahu ke mesin pencari jika situsmu mendapatkan “backlinks” dari situs lain. Hal inilah yang akan berdampak baik untuk websitemu jika backlink tersebut berkualitas karena Google akan menganggap situsmu dapat dipercaya dan berkualitas.

Selain itu, Off Page juga menjadi salah satu faktor ranking yang penting di mesin pencari. Cara Kerja metode SEO ini juga sangat mudah, kita hanya perlu melakukan metode-metode sederhana agar peringkat website meningkat.

Cara Optimasi Off Page SEO

Saat ini ada banyak sekali teknik SEO Off Page yang bisa kamu lakukan. Jika kamu belum tahu tentang teknik ini, silahkan baca ulasannya dibawah ini.

1. Link Building

link building seo off page

Link building menjadi salah satu teknik terampuh dalam Optimasi Off Page SEO karena memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dan populer dikalangan praktisi Indonesia.

Teknik ini pada dasarnya adalah anda membuat backlink atau memberikan link eksternal dalam sebuah situs dengan tujuan ke website anda. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan ranking sebuah website karena dengan banyaknya backlink berkualitas yang anda miliki maka ranking website bisa meningkat.

Pastikan backlink yang anda dapatkan  itu berkualitas tinggi agar situs anda tidak terkena penalti dari Google.

Kriteria backlink berkualitas:

  • Website terpercaya
  • Niche relevan
  • Anchor text bervariasi
  • Contextual links

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan backlink. Namun, jika kamu tidak memiliki keahlian dibidang ini, kamu bisa membeli backlink dari penyedia jasa.

Pastikan teknik link building anda tidak asal-asalan agar terhindar dari Penalti Google.

2. Social Media

social media management

Dengan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan situsmu. Maka kamu sudah melakukan optimasi Off Page SEO. Banyak sekali orang yang menggunakan sosial media setiap harinya.

Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan trafik website dengan mempromosikannya lewat sosmed. Meskipun link yang dihasilkan sosial media adalah Nofollow links. Namun cara ini tetap efektif untuk menambah pengunjung website.

3. Guest Blog

cara optimasi seo off page

Guest blog merupakan teknik Off Page SEO yang sering digunakan para blogger Indonesia untuk saling bertukar link antar website.

Biasanya hal ini dilakukan pada website yang memiliki niche relevan dengan metriks domain yang tinggi.

Faktor Ranking Off Page SEO

Optimasi SEO Off Page memiliki peran yang sangat penting dalam ranking sebuah situs. Google menggunakan beberapa faktor dalam menentukan popularitas sebuah situs.

1. Kualitas Backlink

Backlink yang berkualitas akan berdampak positif pada ranking website. Tapi tidak dengan backlink yang memiliki kualitas rendah seperti backlink dari situs dewasa.

Oleh karena itu, carilah backlink yang memiliki kualitas tinggi agar ranking situsmu meningkat.

2. Anchor Text Pada Backlink

Pemilihan anchor text pada backlink juga menjadi faktor optimasi SEO agar ranking loh. Anchor text pada link akan dibaca oleh mesin pencari sebagai kata kunci atau makna link tersebut.

Oleh karena itu, kamu perlu memberikan anchor text yang relevan pada backlink yang kamu buat. Jangan lupa untuk memvariasikan anchor text yang digunakan agar tidak terkena penalti Algoritma panda.

3. Jumlah backlink

Siapa bilang punya banyak backlink itu semakin bagus? Iya kalo semua backlink tersebut berkualitas pastinya bagus. Tapi kalau backlinknya tidak berkualitas itu sama saja dengan membunuh websitemu.

Maka dari itu, kamu juga perlu memperhatikan jumlah backlink yang masuk ke dalam websitemu. Perhatikan kualitas backlinknya juga. Jangan asal membuat backlink dengan hanya memperhatikan kuantitas saja.

4. Variasi Backlink

Agar Google tidak menemukan pattern link buildingmu. Kamu harus memberikan variasi backlink ketika melakukan optimasi ini.

Ada banyak sekali jenis backlink seperti contextual, profile, blog comment dan lainnya. Jangan terlalu banyak menggunakan satu jenis backlink karena tidak akan memberikan efek yang optimal untuk situs.

5. Aktivitas di Sosial Media

Website yang memiliki sosial media aktif harus mencari cara agar populer dan dikenal oleh audience. Sehingga kamu bisa menambah trafik referral dari promosi di sosial media. Selain itu, aktivitas ini juga bisa diukur dengan jumlah share website ke sosial media.

Kesimpulan

Dengan membaca tutorial SEO Off Page ini, kamu bisa melakukan optimasi diluar websitemu dengan benar dan hasilnya akan lebih optimal.

Kalian perlu membangun brand website dengan baik diluar sana agar para pengunjung semakin percaya dengan situsmu. Semoga informasi ini  bermanfaat untukmu.