Riset Keyword: Mencari Kata Kunci Potensial Untuk Konten Blog

Riset keyword menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan ketika kita ingin membangun sebuah website dan membuat konten baru.

Banyak para pemula dalam bidang SEO atau Blogger yang masih belum mengerti dengan baik tentang cara kerja keyword hingga cara risetnya.

Nah, pada modul ini. Kami akan menjelaskannya secara lengkap kepada anda, bagaimana cara riset kata kunci yang benar dan tepat agar strategi yang anda buat tidak sia-sia berkat keyword research yang benar.

Yuk langsung saja tanpa bertele-tele, kita ulas secara lengkap mengenai kata kunci dibawah ini.

Apa Itu Keyword ?

Keyword atau kata kunci merupakan istilah untuk kata atau kalimat yang digunakan oleh para pengguna mesin pencari ketika melakukan pencarian di search engine.

Misalnya, anda atau teman anda ingin pergi ke kota Jakarta untuk liburan. Maka anda bisa mengetikan “Tempat wisata di Jakarta”. Nah, frase inilah yang kita sebut dengan keyword.

Kata kunci pencarian ini akan direkam oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan yang lainnya. Lalu setelah anda mengetikan kata kunci tersebut, mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dan berkualitas mengenai keyword yang anda cari.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Riset Keyword

pengertian riset keyword seo

Ketika anda melakukan keyword research. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil riset berkualitas dan tepat sasaran.

Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan saat mencari sebuah kata kunci yang tepat untuk website kita?

1. Volume Pencarian

volume pencarian keyword

Anda perlu memperhatikan volume pencarian bulanan dari sebuah keyword. Hal ini terkait dari seberapa sering kata kunci tersebut dicari oleh pengguna Internet dalam sebulan.

Gunakan kata kunci yang banyak dicari oleh banyak pengguna agar berpotensi membawa pengunjung baru ke website anda. Hindari meranking keyword yang memiliki volume rendah atau bahkan 0 karena kata kunci tersebut tidak berpotensi memberikan pengunjung banyak ke website anda.

2. Tingkat Kesulitan

tingkat kesulitan keyword

Selain perlu memperhatikan volume, kita juga harus melihat tingkat kesulitan dari sebuah kata kunci yang akan digunakan.

Biasanya aplikasi riset kata kunci seperti Ahrefs, Semrush dan yang lainnya memiliki metrik tingkat kesulitannya tersendiri. Namun, kalian tidak perlu berpatokan terhadap metrik ini. Cukup hati-hati saja dan terapkan strategi yang tepat ketika menggunakan kata kunci dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

3. Keyword Diversity

keyword diversity

Keyword diversity atau variasi kata kunci adalah hal yang wajib kamu perhatikan ketika melakukan riset keyword. Dengan menanamkan jenis keyword yang bervariasi pada artikel anda, otomatis artikel tersebut akan terhindar dari penggunaan kata kunci yang berulang sehingga tidak akan terkena penalti dari Keyword Stuffing.

4. Search Intent

search intent seo

Search Intent adalah arti dari sebuah kata kunci. Jelasnya, merupakan maksud dan tujuan pengguna mencari sebuah kata kunci di mesin pencari.

Contoh, Jika saya ingin mencari  hotel di Jakarta, saya akan mengetikan kata kunci “Daftar Hotel di Jakarta” pada mesin pencari. Pada bagian bawah artikel ini, saya akan menjelaskan search intent beserta jenis keyword  yang ada secara detail.

Pahami hal-hal tersebut dengan baik sebelum anda melakukan pencarian kata kunci agar hasilnya memuaskan.

Tujuan Riset Keyword

Tujuan utama dari riset kata kunci adalah untuk mengetahui topik apa saja yang sedang dicari oleh pengguna yang berhubungan dengan website yang kita miliki.

Dengan melakukan riset, anda bisa mengetahui:

  • Daftar keyword yang berhubungan dengan niche website
  • Keyword yang potensial untuk mendatangkan banyak pengunjung
  • Mengetahui kesulitan persaingan yang ada dimesin pencari atas keyword tertentu

Keuntungan Riset Keyword

Setelah anda mengetahui tujuan melakukan aktivitas ini. Lalu apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan riset kata kunci?

1. Ide Artikel Baru

Ketika anda melakukan riset keyword. Anda bisa menemukan banyak ide-ide baru mengenai artikel yang akan anda buat.

Oleh karena itu, anda tidak akan kehabisan data untuk pembuatan artikel baru ketika melakukan riset ini.

2. Pola Kerja Lebih Terstruktur

Ketika anda melakukan riset, anda akan belajar bagaimana caranya menyusun skala prioritas keyword yang berpotensi membawa trafik dan keuntungan besar untuk website anda.

Anda bisa menyusun topik yang akan dibuat berdasarkan tingkat kesulitan kata kunci itu sendiri.

3. Website Lebih Lengkap

Dengan melakukan keyword research, website anda menjadi lebih lengkap dari sebelumnya karena ada banyak artikel baru yang dibuat berdasarkan kata kunci yang sudah anda analisa sebelumnya.

Cara Riset Keyword Yang Benar Dengan Bantuan Tools

cara riset keyword

Nah, setelah anda mengetahui keuntungan dari melakukan riset kata kunci. Pasti anda ingin tahu kan bagaimana cara melakukan riset yang benar?

Anda bisa mencari keyword dengan bantuan tool. Saat ini ada banyak sekali tool untuk riset kata kunci yang dapat anda manfaatkan untuk mencari kata kunci bagi website anda.

1. Brainstorming

brainstorming keyword seo

Cara riset kata kunci yang pertama adalah Brainstorming. Pikirkan hal-hal yang sering dicari oleh orang berdasarkan niche website anda. Posisikan diri anda sebagai pengguna Internet. Kira-kira kata kunci apa saja yang akan anda cari di Google.

Catat semua yang anda pikirkan dan simpan dalam file excel khusus untuk nantinya dianalisa lebih dalam lagi.

Misalnya untuk niche gadget, saya akan memikirkan hal seperti;

  • Cara flash hp
  • Hp 3 jutaan
  • Hp android murah
  • Hp 1 jutaan

Catat ide awal ini lalu anda bisa melakukan analisa lebih dalam lagi dengan menggunakan tool.

2. Google Keyword Planner

google keyword planner

Google keyword planner (GKP) merupakan tools gratis yang sudah disediakan oleh Google dan bisa kita manfaatkan untuk melakukan analisa kata kunci.

Cara penggunaan tools ini juga cukup mudah, yang perlu kita lakukan adalah mendaftar GKP terlebih dahulu. Jika sudah silahkan masuk ke Menu Tools dan Buka Keyword Planner.

Setelah itu, anda bisa memilih menu Riset Keyword untuk menemukan keyword baru dan relevan yang sesuai dengan niche anda. Setelah anda mencari kata kuncinya, anda bisa mengekspor file kata kunci tersebut untuk disimpan secara offline.

3. Ubersuggest

tools ubersuggest

Ubersuggest merupakan salah satu alat untuk mencari sebuah kata kunci yang dimiliki oleh Digital Marketer ternama Neil Patel.

Tools ini bisa digunakan secara gratis namun ada juga fitur berbayar yang bisa digunakan oleh pengguna jika bergabung menjadi anggota Ubersuggest.

Cara riset kata kunci menggunakan tools ubersuggest juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengetikan kata kunci yang ingin dicari beserta wilayah yang ingin anda targetkan.

Ubersuggest akan memberikan informasi lengkap mengenai besar volume pencarian keyword tersebut, tingkat kesulitan dan kata kunci lain yang berkaitan dengan keyword tersebut yang bisa anda gunakan.

Misalnya anda mencari kata kunci “belajar seo” maka ubersuggest akan memberikan daftar keyword seperti gambar dibawah ini.

4. Google Suggest

google suggest

Google Suggest menjadi salah satu tools alternatif riset keyword yang bisa anda gunakan untuk mencari sebuah LSI atau Long tail keyword. Hanya saja fitur yang dimiliki tool ini sangat sederhana.

Anda hanya bisa melihat keyword yang relevan dengan fokus keyword utama anda. Jadi anda tidak akan tahu jumlah volume bulanan dan tingkat kesulitan keyword ini.

5. Google Trends

tools google trends

Selain GKP dan Google Suggest. Google juga memiliki alat bermana Google Trends yang bisa digunakan untuk melakukan pencarian kata kunci.

Alat riset keyword gratis ini sering digunakan oleh pemula karena simpel dan datanya valid. Cara menggunakan tool Google Trends juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengetikan kata kunci yang ingin dicari beserta wilayahnya.

Selain itu, anda bisa membandingkan kata kunci utama dengan kata kunci lainnya loh. Selain itu, tool ini akan memberikan saran Long Tail Keyword kepada anda.

6. SEMrush

tools riset keyword

Tools riset Keyword berikutnya adalah SEMrush. Sebelum menggunakan alat ini, anda perlu bergabung menjadi member di SEMrush terlebih dahulu.

Cara penggunaan tool ini juga sangat mudah dan datanya lengkap.

Sayangnya, dengan akun gratis anda hanya bisa mencari kata kunci sebanyak 10 kali dalam 24 jam. Lalu anda juga tidak bisa melihat semua saran kata kunci yang dihasilkan oleh tools ini.

7. KWFinder

tools untuk riset keyword

KWFinder menjadi salah satu alat untuk mencari keyword terbaik saat ini yang bisa anda gunakan secara gratis. Alat ini menyediakan informasi lengkap seperti tingkat kesulitan, volume pencarian  dan SERP dari sebuah kata kunci.

Namun, KWFinder tidak sepenuhnya gratis. Anda bisa melakukan 5 pencarian kata kunci selama 24 jam dengan 50 saran kata kunci per pencarian. Jika anda tidak ingin terkena limit, anda bisa membeli paket premium KWFinder.

Tips Riset Keyword Untuk Pemula

Tips untuk melakukan riset kata kunci bagi pemula ini perlu anda lakukan Jika anda memiliki website yang masih baru dan belum memiliki authority. Lebih baik anda mencari kata kunci panjang agar tingkat persaingan lebih mudah.

Biasanya tidak banyak website yang mengincar Long Tail Keyword. Maka dari itu, sangat mudah untuk masuk ke halaman pertama jika mentargetkan kata kunci jenis ini.

Kesimpulan

Cara riset kata kunci diatas akan membantumu mendapatkan ranking lebih tinggi di Google karena anda bisa menentukan strategi yang pas untuk website jika sudah melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Lakukan langkah-langkah diatas dengan benar dan tepat agar hasilnya memuaskan.