10 Hal Penting yang Perlu di Perhatikan Dalam Menulis Artikel SEO Friendly

Sebuah website pasti memerlukan artikel sebagai konten blog. Oleh karena itu, sebagai pemilik website kamu harus bisa menulis artikel.

Artikel yang dimuat pada blog juga harus berkualitas dan memenuhi kaidah SEO agar bisa ranking dihalaman pertama google dan mampu bersaing melawan kompetitor blog itu sendiri.

Nah, pada modul ini, HitamPutihSEO akan mengulas tentang cara membuat artikel sesuai dengan kaidah SEO. Penasaran seperti apa? Yuk simak sampai habis artikelnya!

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Pemula

Dibawah ini merupakan informasi cara membuat artikel blog yang SEO Friendly. Untuk contoh penulisan artikel SEO Friendly kalian bisa melihat artikel HPS yang lain karena kami selalu membuat artikel berkualitas dan ramah SEO.

1. Cari Judul Yang Tepat dan Menarik

Ketika kamu menulis artikel, selain memperhatikan isinya. Kamu juga perlu memperhatikan judul artikel tersebut.

Carilah judul artikel yang menarik dan tepat sesuai dengan isi artikel yang kamu buat agar tetap relevan. Jangan gunakan judul yang berbeda dengan isi artikel apalagi clickbait.

Kamu juga perlu memasukkan kata kunci pada judul agar artikel yang kamu buat semakin SEO Friendly.

2. Perhatikan Keyword Density

Tak hanya memperhatikan jumlah kata pada artikel, kamu juga harus memperhatikan jumlah kata kunci yang ada pada artikel agar terhindar dari keyword stuffing.

Perhatikan baik-baik keyword density yang ada dalam artikelmu. Jika dirasa terlalu over, kamu bisa mengurangi penggunaan kata kunci yang tidak begitu potensial.

Terlalu banyak menggunakan kata kunci pada artikel bisa membuat kualitas artikelmu menurun loh. Artikel yang memiliki banyak kata kunci juga tidak akan enak untuk dibaca oleh manusia.

3. Tulis Artikel Secara Lengkap

Agar kualitas artikel yang kamu ketik meningkat, pastikan kamu menulisnya secara lengkap dan detail agar para pembaca mendapatkan seluruh informasi dari yang mereka cari.

Jika kompetitormu membuat artikel yang tidak lengkap. Kini saatnya kamu membuat versi lengkapnya di artikelmu sendiri. Dengan begitu, para pembaca pasti akan lebih menyukai artikelmu karena pembahasannya lengkap dibanding yang lain.

Selain itu, Google juga lebih suka dengan situs yang mengulas informasi secara detail dan dalam berdasarkan data.

Buatlah artikel setidaknya 1000 kata lebih agar kualitasnya meningkat. Study case yang dilakukan oleh Backlinko menunjukan bahwa semakin panjang kata sebuah artikel, maka semakin mudah juga untuk artikel tersebut ranking dihalaman pertama Google.

4. Gunakan Media

Jangan lupa untuk menambahkan media seperti gambar atau video serta Info grafis untuk meningkatkan kualitas kontenmu.

Memasukkan gambar atau media lain ke artikel bisa meningkatkan user experience websitemu loh. Para pembaca tidak akan merasa bosan ketika membaca artikelmu karena terdapat media lain yang bisa dilihat selain teks artikelmu.

Nah, agar nilai SEO artikelmu meningkat. Kamu bisa mengoptimasi setiap media yang kamu tambahkan ke dalam artikel.

Jika kamu ingin menambahkan gambar, pastikan nama file gambar tersebut sudah diubah sesuai dengan kata kunci yang kamu incar. Lalu jangan lupa untuk menambahkan alt text gambar juga dengan keyword yang diinginkan.

Kamu juga bisa memperkecil ukuran file gambar dengan melakukan compress terlebih dahulu agar speed websitemu tidak menurun akibat ukuran file gambar yang terlalu besar akibat tidak dicompress.

5. Gunakan LSI Keywords

Cara membuat artikel yang baik dan benar agar SEO friendly adalah dengan menggunakan LSI Keywords pada artikel yang dibuat.

LSI Keywords merupakan kata kunci yang memiliki keterkaitan dengan kata kunci utama atau biasa disebut dengan sinonim kata kunci utama.

Anda perlu menggunakan LSI Keywords pada artikel agar variasi kata kunci yang dimiliki artikel tersebut banyak sehingga konten tersebut akan terhindar dari yang namanya keyword stuffing akibat keyword diversity yang buruk.

Jangan lupa untuk memperhatikan penyebaran kata kunci agar tidak dinilai spam oleh robot Google ketika mengindex artikelmu. Jangan gunakan 2-3 kata kunci dalam 1 paragraf sekaligus.

6. Lakukan Emphasize Secukupnya

Emphasize atau penebalan kata merupakan hal yang biasa kita lakukan ketika sedang menulis sebuah artikel.

Biasanya kita akan menebalkan atau memiringkan kata yang ingin kita perjelas. Agar artikel kita ramah SEO, kita perlu melakukan hal ini secukupnya saja. Tidak berlebihan agar tidak dianggap spam oleh Google.

7. Tambahkan Outbound Links ke Situs Authority

Outbound Links atau link keluar menjadi salah satu cara membuat artikel di Blog agar SEO Friendly.

Tambahkan link keluar ke situs yang memiliki authority tinggi dan relevan dengan isi artikel anda agar artikel yang anda buat lebih mudah dipahami oleh Google topiknya.

Jangan lupa tambahkan tag nofollow jika kamu ingin membuat OBL tersebut tidak diikuti oleh Google sehingga PageRank website kamu tidak akan berpindah ke website tersebut. Saran kami, variasikan saja tag OBL yang ada dalam artikel kamu dengan nofollow dan dofollow agar kualitas SEO website tetap terjaga.

8. Gunakan Internal Linking Yang Relevan dan Benar

Selain perlu menggunakan OBL, cara membuat artikel SEO lainnya adalah menggunakan internal link. Internal link adalah link yang merujuk ke dalam website itu sendiri, mungkin ke homepage atau ke artikel yang lain.

Internal link bertujuan agar para pembaca membuka artikelmu yang lain yang relevan dengan artikel yang saat itu sedang mereka baca. Oleh karena itu, ketika menambahkan internal link pada sebuah artikel. Kamu perlu memperhatikan isi topik masin-masing artikel apakah relevan jika diberikan internal link.

9. Gunakan Heading Dengan Benar

Nah, supaya artikel kalian semakin SEO Friendly jangan lupa untuk memperhatikan Penggunaan heading pada artikel.

Heading akan membantu Google dalam menentukan topik sebuah artikel dan mempermudah para pembaca membaca isi topik artikel tersebut.

Lalu, kamu juga bisa memanfaatkan subheading untuk turunan dari heading yang telah dibuat agar user experience websitemu semakin meningkat.

10. Fokus Kepada User Experience

User Experience merupakan nomor 1 dalam Artikel. Google ingin memberikan yang terbaik kepada pengguna mereka dengan menampilkan hasil pencarian serelevan mungkin dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna.

Maka dari itu, kamu juga harus membuat artikel yang berkualitas dan memperhatikan kenyamanan para pembaca karena kamu menulis artikel untuk manusia bukan robot.

Jika user experience websitemu baik, Google akan menganggap jika websitemu berkualitas karena banyak pengguna yang suka. Sehingga ranking websitemu akan cepat naik di SERP.

Kesimpulan

Itulah cara menulis artikel yang SEO Friendly untuk website agar artikel tersebut mudah ranking di halaman pertama Google dengan kata kunci yang sudah ditargetkan. Jangan lupa share modul ini jika bermanfaat untuk kalian.