6 Fitur Optimasi Google Search Console Ini, Membuat Web Kamu Ranking #1

Halo sobat HPS di Indonesia. Terimakasih untuk anda yang telah setia mengikuti blog HPS dalam mengulas seputar dunia SEO di era digital saat ini.

Seperti yang telah kalian ketahui, SEO memiliki peranan penting dalam sebuah situs agar dapat ranking di halaman pertama Google dan mendatangkan trafic bagi situs atau website anda.

Tetapi ada hal penting ne sobat..! Khususnya bagi kalian yang masih pemula dan baru ingin memulai membangun sebuah situs untuk bisnis online agar meraih keuntungan.

Yang dimana, hal penting tersebut ialah memanfaatkan berbagai fitur dari google Search Console agar website anda terdaftar Index Google.

Karena jika website anda tidak terindex oleh Google, maka upaya anda untuk dapat ranking dan menghasilkan trafic di mesin pencari Google hanyalah sia-sia saja.

Untuk itu kami akan membagikan kepada kalian semua, informasi mengenai beberapa fitur optimasi Google Search Console, yang bisa kalian manfaatkan dalam membangun halaman situs agar terindex dan ranking di halaman pertama Google.

6 Fitur Optimasi Google Search Console Untuk Webmaster

1. Submit Sitemap

Setiap situs atau web wajib untuk mengirimkan sitemap ke Search Console, guna mempermudah perayap mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya dalam memahami struktur situs anda.

Sitemap yang dikirimkan harus valid dan dapat dirayapi oleh robot perayap. Protokol sitemap yang diterima ialah berjenis XML (Extensible Markup Language) dan menerima berkas HTML (Hyper Text Markup Language).

2. Status Perayap

Google Search Console juga menyediakan sebuah data mengenai status perayapan situs. Ini mencakup berapa banyak sebuah link, yang dirayapi per harinya sampai dengan waktu yang dibutuhkan perayap dalam mengunduh situs.

Jadi anda bisa melihat perkembangan perayapan situs anda menggunakan fitur ini dengan mudah.

3. Validasi robots.txt

Buatlah atau Ganti file robots.txt situs anda. File robots.txt ini, berfungsi untuk menentukan mana tautan yang bisa dirayapi dan mana yang tidak.

4. Data tautan

Laporan ini berisi mengenai seputar tautan dari luar ke situs, maupun tautan internal antar konten dalam sebuah situs.

5. Structured Data Testing Tool (Alat Penguji Data Terstruktur)

Structured Data Testing Tool ini, berguna untuk sebuah situs yang menggunakan rich snippets (Cuplikan Kaya). Dimana, Google Search Console akan menunjukkan apakah status data snippets berjalan dengan benar atau tidak.

6. Fetch as Google

Alat Fetch as Google ini, berfungsi untuk memastikan apakah robot perayap Google bisa memahami dan membaca situs web layaknya pengunjung manusia.

Selain itu, bisa juga untuk memastikan apakah tautan terblokir oleh robots.txt atau berjalan normal.

Keenam fitur optimasi Google Search Console tersebut, semuanya sangat membantu anda dalam memulai atau membangun halaman situs kepada index google, agar segera ranking dan mendapatkan trafic di dalamnya.

Bagi kalian yang masih bingung, dan ingin bertanya-tanya ataupun berdiskusi seputar dunia SEO. Maka langsung saja kalian kunjungi halaman utama website kami di HitamPutihSEO untuk sesegera mungkin bergabung kedalam komunitas HPS Expert dan melakukan diskusi di dalamnya.